Selasa, 03 Agustus 2010

Miang

Karya ini berjudul "Miang" (bahasa Sunda, redblog) yang tidak tepat benar jika diterjemahkan "pergi" di dalam bahasa Indonesia atau "goes" di dalam bahasa Inggis. Sebab di dalam kata "pergi" atau "go" belum jelas arah tujuannya, sementara di dalam kata "miang" mengandung arti biasanya pergi untuk mencari kehidupan, usaha untuk hidup, melaksanakan tugas/pekerjaan, atau pergi untuk menemukan hal baru.
Lukisan yang menggambarkan seorang penari yang telah berbusana nyaris lengkap untuk menari ini, menunjukan seorang penari yang "pergi untuk melaksanakan tugasnya menari."
"Miang" (1999), merupakan bagian dari serial lukisan "Pohaci" yang pernah dikerjakan oleh Herry Dim selama hampir enam tahun pada tahun 1990an dan menghasilkan sekira 30 - 60 karya yang semuannya memperlihatkan sosok Pohaci.
Tokoh Pohaci sebelumnya tidak pernah ditampilkan secara visual atau dalam bentuk gambar, kecuali di dalam uraian tekstual sejumlah cerita pantun. Berdasarkan cerita-cerita pantun serta sejumlah legenda lainnya itu pula Herry Dim kemudian melakukan penelahaan serta penafsiran sehingga kemudian muncul gambaran "Pohaci" berdasarkan imajinasinya sendiri.
Pohaci adalah dewi atau sosok perempuan yang disucikan di dalam kebudayaan Sunda. Terkadang mengesankan sebagai ibu bumi (mother earth), dewi kesuburan, dewi yang menjaga dan mengasuh kehidupan, dan sering pula dipersamakan dengan dewi padi (Dewi Sri).


[redaksi pengelola blog herry dim's online gallery]
 

1 komentar: